Lanjut ke konten

… karena “Pada mulanya adalah permohonan paspor …”

Juni 12, 2023

Katanya, “Buku adalah jendela dunia, …” Namun entah kata siapa. Mohon DosGil diberitahu kalau ada yang tahu itu quote dari siapa. Kenyataannya adalah, buku hijau bertuliskan PASPOR dan gambar Garuda Pancasila di sampul depan yang diterbitkan Juni 2005 merupakan dokumen penting saya untuk menjelajah dunia. Diawali dengan Belanda dan kini Asia Tenggara dan Eropa. Kisah-kisah di https://dosengila.blogspot.com/ dan http://dosengila.wordpress.com/ diawali dari terbitnya buku bersampul hijau itu.

Nah, kali ini DosGil akan bercerita tentang perpanjangan paspor baru-baru ini. Jadi, DosGil berencana ke Brno, Ceko musim gugur tahun ini. Tapi paspor DosGil habis berlaku November tahun ini, harus diperbaharui untuk apply visa dan lain-lain. Dimulailah searching di internet dan tanya-tanya kanan-kiri. Oh ya, DosGil sekarang berdomisili di desa Pogung Kidul, yang kisah legendanya bisa dibaca di sini. Jarak dengan almamater DosGil sekitar 15 menit jalan kaki. Tentu saja info yang DosGil temukan di sini sangat-sangatlah menarik untuk dicoba.

Dimulailah dengan mengisi form online, sesuai langkah pertama pada tanggal 17 Mei 2023. Lalu screenshot telah mengisi dikirim ke WA Mas Risa di nomor yang tertera di langkah ke-2. Yang di hari berikutnya dijawab telah dijadwalkan tanggal 5 Juni 2023 dan diminta konfirmasi apakah bisa di tanggal tersebut. DosGil langsung konfirmasi dan mulai mengumpulkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan. Salah satu dokumen penting adalah ijazah UGM sebagai bukti bahwa DosGil adalah alumni UGM, karena kartu KAGAMA DosGil sudah tidak bisa dibaca.

Pada tanggal 5 Juni 2023, DosGil datang ke OIA UGM, mengisi formulir yang disediakan dengan didampingi petugas karena DosGil satu-satunya pemohon saat itu. Pemohon sebelumnya sudah usai, dan belum ada pemohon yang datang lagi. Lalu tidak lama setelah menyerahkan formulir dan dokumen kelengkapan, DosGil dipanggil untuk foto. Lalu diberi dokumen untuk pengambilan paspor yang diperkirakan akan selesai 3 hari kerja setelah pembayaran. Di ruang tunggu sudah disediakan panduan pembayaran non tunai, karena tidak menerima transaksi tunai. DosGil memilih menggunakan BRImo sesuai saran pemohon sebelumnya. Usai, DosGil pun berpamitan. Nah, tidak jauh dari OIA UGM ini ada kantor KAGAMA. DosGil yang membawa ijazah asli sekalian mampir untuk mengurus pembuatan kartu anggota baru.

Kamis pagi, 8 Juni 2023, DosGil sudah mendapat WA bahwa paspor sudah jadi dan bisa diambil di OIA UGM. Segeralah DosGil meluncur dan tidak lama kemudian, paspor sudah di tangan DosGil. Paspor ini berlaku 10 tahun. Jadi saat pengurusan perpanjangan nanti, sangat bisa jadi prosesnya akan berubah. Semoga jadi lebih mudah.

Oh iya, selain alumni, keluarga inti alumni bisa lho memanfaatkan fasilitas ini. Dan definisi (sementara) keluarga inti adalah yang namanya tercantum di kartu keluarga (KK) yang sama.

Oh iya lagi, tadi siang dapat WA kalau kartu KAGAMA DosGil yang baru sudah jadi dan bisa diambil. Huuraayyy …

## PoKid-7, 12 Juni 2023 | 21:30 WIB.

Tinggalkan komentar